ANALISIS PENDAPATAN USAHA OPAK UBI KAYU DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA DI DESA PEJANGGIK KECAMATAN PRAYA TENGAH

Aulia, Harfiani (2021) ANALISIS PENDAPATAN USAHA OPAK UBI KAYU DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA DI DESA PEJANGGIK KECAMATAN PRAYA TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AULIA HARFIANI (C1G017026) (8) - Copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk menganalisis berapa besar pendapatan usaha agroindustri opak ubi kayu di Desa Pejanggik; (2) Untuk menganalisis kelayakan usaha agroindustri opak ubi kayu di Desa Pejanggik; (3) Untuk menganalisis kontribusi pendapatan usaha agroindustri opak ubi kayu terhadap pendapatan rumah tangga di Desa Pejanggik; (4) Untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi usaha agroindustri opak ubi kayu di Desa Pejanggik. Metode yang digunakan adalah deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis biaya dan pendapatan, analisis kelayakan usaha menggunakan R/C Ratio, analisis kontribusi, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Rata-rata pendapatan yang diperoleh pelaku usaha opak ubi kayu di Desa Pejanggik dalam satu kali proses produksi yaitu sebesar Rp. 117.235,86 dan dalam satu bulan sebesar Rp. 2.650.754,33, sehingga dalam setahun memperoleh pendapatan sebesar Rp. 31.809.051,04; (2) Hasil Perhitungan kelayakan usaha menggunakan R/C Ratio pada usaha opak ubi kayu adalah 2,49, dimana nilai tersebut lebih besar dari 1 (>1) sehingga usaha opak ubi kayu dikatakan layak untuk diusahakan; (3) Pendapatan yang dihasilkan pelaku dari usaha opak ubi kayu memberikan kontribusi yang tinggi terhadap total seluruh pendapatan rumah tangga pelaku usaha dengan persentase kontribusi sebesar 57,85% dari total pendapatan rumah tangga sebesar 100% (Rp. 54.986.027,67); (4) Kendala yang dihadapi pelaku usaha opak ubi kayu di Desa Pejanggik Kecamatan Praya Tengah adalah permodalan, rendahnya kualitas bahan baku, pemasaran opak oleh pelaku usaha masih hanya di dalam desa, dan cuaca.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pendapatan, Kontribusi, Usaha Opak Ubi Kayu
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Nov 2021 07:13
Last Modified: 23 Nov 2021 07:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26165

Actions (login required)

View Item View Item