PENGARUH KONSENTRASI EKSTRAK DAUN WARU (Hibiscus tiliaceus L.) SEBAGAI ANTIMIKROBA ALAMI TERHADAP MUTU DAN DAYA SIMPAN DAGING AYAM PADA SUHU RUANG

LAELA, QADRIYATY (2021) PENGARUH KONSENTRASI EKSTRAK DAUN WARU (Hibiscus tiliaceus L.) SEBAGAI ANTIMIKROBA ALAMI TERHADAP MUTU DAN DAYA SIMPAN DAGING AYAM PADA SUHU RUANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi ekstrak daun waru (Hibiscus tiliaceus L.) sebagai antimikroba alami terhadap mutu kimia dan organoleptik serta daya simpan daging ayam. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan satu faktor yaitu konsentrasi ekstrak daun waru (P) yang diulang sebanyak 3 kali. Perlakuan terdiri atas P1 (Konsentrasi ekstrak daun waru 0%), P2 (Konsentrasi ekstrak daun waru 12,5%), P3 (Konsentrasi ekstrak daun waru 25%), P4 (Konsentrasi ekstrak daun waru 37,5%), P5 (Konsentrasi ekstrak daun waru 50%), dan P6 (Konsentrasi ekstrak daun waru 62,5%). Parameter yang diamati yaitu total mikroba (TPC), kadar air, pH, warna, dan organoleptik yang meliputi aroma, rasa, dan tekstur. Data hasil pengamatan dianalisis dengan analisis keragaman (Analysis of Variance) pada taraf nyata 5% dengan menggunakan software Co-Stat. Apabila terdapat beda nyata, dilakukan uji lanjut dengan uji lanjut Beda Nyata Jujur (BNJ) untuk parameter organoleptik dan analisa deskriptif untuk parameter mikrobiologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan penambahan ekstrak daun waru terhadap mutu karkas daging ayam memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap organoleptik aroma, rasa, dan tekstur skoring maupun hedonik serta parameter warna namun memberikan pengaruh yang tidak berbeda nyata terhadap kadar air dan pH. Perlakuan terbaik adalah penambahan ekstrak 50% pada penyimpanan 4 jam yang menunjukkan jumlah koloni sebanyak 3,37x105 , kadar air sebesar 59,51%, nilai pH 6,14.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: ekstrak daun waru, karkas daging ayam.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Nov 2021 03:01
Last Modified: 24 Nov 2021 03:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26174

Actions (login required)

View Item View Item