PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SIMULASI PhET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK SMA

Arman, Rizal Gunawan (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SIMULASI PhET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ARMAN RIZAL GUNAWAN (E1Q015006).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Abstrak - Pengembangan perangkat pembelajaran model PBL berbantuan simulasi PhET untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran fisika model problem based learning pada materi Momentum dan Impuls untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Jenis penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D terdiri dari Define, Design, Develop, dan Disseminate. Produk yang dikembangkan berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran daring, lembar kerja peserta didik yang dilengkapi dengan petunjuk simulasi PhET, dan instrumen tes kemampuan berpikir tingkat tinggi. Validitas produk dinilai oleh lima validator dengan analisis skala likert. Selanjutnya keefektifan perangkat ditentukan dari uji coba terbatas untuk mendapatkan nilai N- gain. Hasil penelitian berdasarkan penilaian validator menunjukkan keseluruhan perangkat yang dikembangkan memiliki nilai rata-rata diatas 3.00 dengan kategori baik, lalu hasil rata-rata uji N-gain didapatkan nilai 0.34 dengan kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran fisika model problem based learning pada materi momentum dan impuls valid, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Model Problem Based Learning, Simulasi PhET, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Nov 2021 03:01
Last Modified: 24 Nov 2021 03:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26175

Actions (login required)

View Item View Item