PENGARUH KOMPOSISI HIBRID SERAT TERHADAP SIFAT TARIK KOMPOSIT HYBRID SERAT BAMBU - SERAT KELAPA/POLYESTER TAK JENUH PADA BERBAGAI KANDUNGAN FILLER SEMEN

SUJA’I, SUJA’I (2021) PENGARUH KOMPOSISI HIBRID SERAT TERHADAP SIFAT TARIK KOMPOSIT HYBRID SERAT BAMBU - SERAT KELAPA/POLYESTER TAK JENUH PADA BERBAGAI KANDUNGAN FILLER SEMEN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
sekeripsi jadi-sgm fix buk nasmi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan dan pemanfaatan serat alam pada saat ini banyak digunakan sebagai bahan penguat dari komposit. Keuntungan dari serat alam adalah jumlah yang berlimpah, ramah lingkungan, dapat di daur ulang, dan biaya produksinya yang relatif sangat rendah. Potensi serat alam sebagai bahan pengisi komposit masih terus dikembangkan dan diselidiki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komposisi komposit hybrid serat bambu (SB) serat kelapa (SK) dengan matrik polyester taj jenuh terhadap sifat-sifat tariknya. Metode yang dilakukan dengan mencampur serat bambu-serat kelapa dan filler semen dengan komposisis SB0SK30, SB18SK12, SB12SK18, dan SB30SK0, dimana angka menunjukan kandungannya dalam persen volume, dan tambahan filler 10% dan 20%. Spesimen dan prosedur pengujian tarik mengacu pada standard ASTMD3039 dan foto perilaku kegagalan dengan mikroskop optik. Hasil penelitian ini menujukan bahwa kekuatan tarik komposit dengan serat bambu saja lebih tinggi dibandingkan dengan serat kelapa saja dan kekuatan hybrid serat bambu dan serat kelapa berada diantara keduanya. Kegagalan pada komposit yang mengandung serat kelapa didominasi oleh serat tercabut. Filler semen sampai 10% menurunkan kekuatan tarik tetapi meningkatkan modulus elastis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): SERAT BAMBU, SERAT KELAPA, POLYESTER.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Nov 2021 03:01
Last Modified: 24 Nov 2021 03:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26177

Actions (login required)

View Item View Item