KONTRIBUSI USAHA PENANGKAPAN BENIH LOBSTER TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA NELAYAN DI KECAMATAN JEROWARU KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Elmazani, Bq (2021) KONTRIBUSI USAHA PENANGKAPAN BENIH LOBSTER TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA NELAYAN DI KECAMATAN JEROWARU KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_BQ. ELMAZANI_Kontribusi Usaha Penangkapan Benih Lobster Terhadap Pendapatan Rumah Tangga Nelaya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1). Mengetahui pendapatan rumah tangga nelayan dari hasil penangkapan benih lobster di Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok timur. 2). Mengetahui kontribusi pendapatan hasil penangkapan benih lobster terhadap pendapatan rumah tangga nelayan di Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. 3). Kendala yang dihadapi nelayan pada saat penangkapan benih lobster. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah nelayan penangkap benih lobster di Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur, dengan menggunakan data terbaru. Lokasi penelitian yaitu di Desa Ekas Buana dan Desa Batu Nampar Selatan dilakukan secara purposive sampling atas pertimbangan bahwa kedua desa tersebut yang berada di Kecamatan Jerowaru yang merupakan desa penangkap benih lobster. Jumlah responden ditentukan dengan menetapkan sebanyak 40 orang responden dari total populasi sebanyak 400 orang. Selanjutnya penentuan responden masing-masing desa sampel dilakukan secara Proportional Sampling. Kemudian penentuan responden ditentukan dengan Accidental Sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara survey yaitu wawancara langsung dengan responden dengan alat bantu kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Rata – rata pendapatan rumah tangga nelayan penangkap benih lobster di Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur adalah sebesar Rp. 18.296.318 per tahun. 2). Total pendapatan rumah tangga nelayan di Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur yakni Rp. 31.641.184. Kontribusi usaha penangkapan benih lobster terhadap pendapatan rumah tangga nelayan adalah sebesar 59 %. 3). Dari ketiga jenis hambatan (modal, harga, dan cuaca) tampak bahwa semua responden menghadapi kendala pada harga lobster yang relatif dirasakan murah, disebabkan karena dilarangnya benih lobster untuk diekspor keluar negri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Benih Lobster, Pendapatan, Kontribusi, Kendala
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Nov 2021 05:42
Last Modified: 24 Nov 2021 05:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26188

Actions (login required)

View Item View Item