ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 1 TEPAS PADA MASA PANDEMI COVID-19

ANISAH, MUFIDAH (2021) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 1 TEPAS PADA MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Anisah Mufidah E1E017015.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar matematika yang dilaksanakan pada masa pandemi COVID-19, untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV SDN 1 Tepas dan 40 siswa kelas IV SDN 1 Tepas. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, angket, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis jenis kesulitan belajar matematika, faktor internal dan faktor eksternal penyebab kesulitan belajar matematika, upaya yang dapat dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika yang dilaksanakan pada masa pandemi COVID-19. Maka dari data yang didapatkan, dapat disimpulkan bahwa penyebab kesulitan belajar matematika siswa kelas IV SDN 1 Tepas pada masa pandemi COVID-19 disebabkan oleh faktor internal (siswa tidak menyukai pembelajaran matematika, rendahnya motivasi belajar siswa, dan kesehatan tubuh yang kurang optimal) dan faktor eksternal (penggunaan media pembelajaran belum optimal, sarana dan prasarana belajar di rumah masih kurang) yang berhubungan dengan siswa. Upaya guru dalam mengurangi kesulitan belajar yaitu menggunakan metode yang bervariasi, menggunakan media pembelajaran, menjalin kerjasama dengan wali murid, memberikan reward, dan sanksi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata kunci: Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar, Matematika SD, Daring, SDN 1 Tepas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Nov 2021 05:43
Last Modified: 24 Nov 2021 05:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26191

Actions (login required)

View Item View Item