PENGARUH METODE BRAINWRITING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 20 AMPENAN TAHUN AJARAN 2021/2022

DAEFATUL, AZIZATI (2021) PENGARUH METODE BRAINWRITING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 20 AMPENAN TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi-akhir Daefatul Azizati (E1E017030).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi di SDN 20 Ampenan yaitu masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa terutama pada mata pelajaran IPS. Hal ini disebabkan karena guru cenderung menggunakan metode satu arah (konvensional) dan kurang variasinya guru dalam menerapkan metode pembelajaran. Oleh karena itu perlu adanya pembaruan dalam melaksanakan metode pembelajaran yakni menggunakan metode Brainwriting. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Brainwriting terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pelajaran IPS kelas V SDN 20 Ampenan Kecamatan Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Nonequivalent control group design tipe quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VB sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VA sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Instrument yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran metode Brainwriting dan tes kemampuan pemecahan masalah. Dalam pengujian instrument, peneliti menggunakan uji validitas ahli. Adapun analisis data dalam penelitian ini diawali dengan uji normalitas menggunakan rumus Kolmogrov Smirnov dengan taraf signifikansi 5 % (0,05) lebih besar dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data penelitian berdistribusi normal yang dilanjutkan dengan uji homogenitas dengan nilai sig pada posttest adalah sebesar 0,163 dan pretest sebesar 0,154 > 0,05 sehingga varian pretest dan poststest adalah sama atau varian sampel penelitian ini dikatakan homogen. Kemudian data kemampuan pemecahan masalah dianalisis dengan uji-t untuk mengetahui hipotesis penelitian. Hasil analisis data didapatkan nilai sig.2 tailed sebesar 0,000 yang nilainya kurang dari 0,05, maka berdasarkan hipotesis penelitian, jika nilai sig.2 tailed < 0,05 t-tabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode Brainwriting terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pelajaran IPS kelas V SDN 20 Ampenan Tahun Ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-Kata Kunci: Metode Brainwriting, Kemampuan Pemecahan Masalah IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Nov 2021 05:43
Last Modified: 24 Nov 2021 05:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26193

Actions (login required)

View Item View Item