PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOLOGI BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK

KURNIA, DEWI RUSDIANA PUTRI (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOLOGI BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS _KURNIA DEWI RP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk bahan ajar biologi berbasis android yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep dan literasi sains peserta didik. Pengembangan bahan ajar ini menggunakan metode pengembangan Four D model yaitu define, design, develop, disseminate. Subjek uji coba pada penelitian ini ialah peserta didik kelas X SMAN 1 Narmada. Uji validasi bahan ajar biologi dilakukan oleh tiga dosen ahli Magister Pnedidikan IPA. Uji praktisi lapangan dilakukan pada peserta didik dan pendidik, dan uji efektivitas ditentukan dari data hasil tes penguasaan konsep dan literasi sains peserta didik. Analisis data menggunakan uji N-gain dan manova. Produk Bahan Ajar Biologi berbasis android pada materi ekosistem yang dikembangkan memperoleh nilai rata-rata 82,66 dengan kriteria valid. Hasil uji praktisi lapangan memperoleh nilai rata-rata keterlaksanaan pembelajaran 86% dan respon pendidik dan peserta didik sebesar 84% dengan kriteria praktis. Hasil uji efektivitas kelas eksperimen SMAN 1 Narmada memiliki hasil peningkatan dengan kriteria tinggi sedangkan kelas kontrol memiliki hasil peningkatan dengan kriteria sedang. Produk bahan ajar biologi berbasis android yang dikembangkan terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep dan literasi sains peserta didik. Berdasarkan uji manova diperoleh taraf signifikasi <0,05 sehingga terdapat pengaruh bahan ajar biologi berbasis android terhadap peningkatan penguasaan konsep dan literasis sains peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci :Bahan ajar biologi;Android; Penguasaan konsep; Literasi Sains;
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Nov 2021 06:31
Last Modified: 25 Nov 2021 06:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26200

Actions (login required)

View Item View Item