ANALISIS KELAYAKAN USAHA PENGOLAHAN LIMBAH SABUT KELAPA DI DESA TELAGA WARU KECAMATAN PRINGGABAYA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Latifa, Wahyu Septi Adi Ningsih (2021) ANALISIS KELAYAKAN USAHA PENGOLAHAN LIMBAH SABUT KELAPA DI DESA TELAGA WARU KECAMATAN PRINGGABAYA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LATIFA WAHYU SEPTI ADI NINGSIH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: (1) menganalisis pendapatan dan kelayakan usaha pengolahan limbah sabut kelapa di Desa Telaga Waru Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur; (2) menganalisis kendala yang dihadapi dalam melakukan usaha pengolahan limbah sabut kelapa di Desa Telaga Waru Kecamatan Pringgabaya kabupaten Lombok Timur. Metode yang digunakan adalah metode desriptif. Data di analisis dengan menggunakan analisis pendapatan dan kelayakan usaha dengan metode R/C ratio, Titik Impas (BEP), dan Rentabilitas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Rata-rata proses produksi serabut kelapa di Desa Telaga Waru adalah sebanyak 4 kali pertahun dan memproduksi 3 jenis produk, yaitu: (i) sapu serabut kelapa bertangkai satu; (ii) sapu serabut kelapa bertangkai dua; dan (iii) usaha serbuk sabut kelapa atau cocopeat. Rata-rata pendapatan dari usaha pengolahan limbah sabut kelapa sebesar Rp 1.462.913 perproses produksi atau sebesar Rp 5.851.652 pertahun. Usaha pengolahan limbah sabut kelapa di Desa Telaga Waru Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur layak untuk diusahakan, hal ini dapat dilihat dari nilai R/C ratio lebih besar dari 1 (R/C ratio > 1) yaitu sebesar 2,25, nilai BEP penerimaan lebih kecil dari penerimaan, serta nilai rentabilitas lebih besar dari suku bunga yang berlaku. (2) Kendala yang dihadapi oleh pengrajin pada usaha pengolahan limbah sabut kelapa dapat dilihat dari beberapa aspek yakni aspek teknis yang berkaitan dengan peralatan dan teknologi yang digunakan, aspek pasar dan pemasaran berkaitan dengan strategi pemasaran, aspek lingkungan yang berkaitan dengan cuaca, aspek manajamen berkaitan dengan pengelolaan organisasi atau KUBe (Kelompok Usaha Bersama) yang masih pasif, aspek yuridis berkaitan dengan kurangnya kesadaran dari pengrajin untuk membuat surat izin usaha atau legalitas dari usaha yang dijalankan, serta aspek finansial yang berkaitan dengan modal yang keluarkan dalam melakukan usaha.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Kelayakan Usaha, Limbah Sabut Kelapa, Telaga Waru.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Nov 2021 06:33
Last Modified: 25 Nov 2021 06:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26208

Actions (login required)

View Item View Item