PENGARUH IMPLEMENTASI PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS POTENSI LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK DI SMAN 1 LEMBAR

HASANAH, USWATUN (2018) PENGARUH IMPLEMENTASI PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS POTENSI LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK DI SMAN 1 LEMBAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI USWATUN HASANAH_E1A013054_P. BIOLOGI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi perangkat pembelajaran biologi berbasis potensi lokal terhadap kemampuan kognitif peserta didik di SMAN 1 Lembar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik Purposive, sehingga dipilih dua kelas sebagai sampel dengan pertimbangan dilihat dari nilai ulangan harian pada materi sebelumnya. Kelas yang terpilih yakni kelas X Mipa 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Mipa 1 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing jumlah peserta didik 34 orang. Uji hipotesis menggunakan uji t polled varians dengan taraf signifikansi 5 % untuk data pre-test dan post-test kemudian dilanjutkan dengan uji peningkatan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 0,8 (kategori tinggi) dan rata-rata peningkatan hasil belajar pada kelas kontrol sebesar 0,6 (kategori sedang). Kesimpulan penelitian ini adalah implementasi perangkat pembelajaran biologi berbasis potensi lokal berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan kognitif peserta didik di SMAN 1 Lembar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perangkat pembelajaran, Potensi lokal, Kemampuan Kognitif peserta didik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 17 Apr 2018 06:04
Last Modified: 17 Apr 2018 06:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2621

Actions (login required)

View Item View Item