SISTEM PEMBELAJARAN PPKn PADA MASA PANDEMI COVID-19Di SMA NEGERI 1 KERUAK

Kalsum, Dinyana (2021) SISTEM PEMBELAJARAN PPKn PADA MASA PANDEMI COVID-19Di SMA NEGERI 1 KERUAK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Kalsum Dinyana_dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitiian ini bertujuan untuk mengetahui: Sistem Pembelajaran PPKn Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Keruak, Kendala yang Dihadapi Guru PPKn Saat Menerapkan Sistem Pembelajaran Online Maupun Offline. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif .Subjek penelitian ini adalah guru PPKn di SMA Negeri 1 Keruak dengan informan kepala sekolah, wakakurikulum, dan siswa di SMA Negeri 1 Keruak.Tehnik pengumpulan data yaitu tehnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis dengan cara deskripsi melalui langkah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sistem Pembelajaran PPKn Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Keruak menggunakan sistem daring dan sistem luring. Kendala yang dihadapi guru PPKn saat menerapkan sistem pembelajaran online maupun offline bermacam macam, diantaranya tidak semua anak sama dalam hal kepemilikan fasilitas seperti Hp atau Laptop; banyak diantara para siswa yang hanya memiliki Hp, sebut saja Hp biasa bukan smartphone. Selain itu jika pun ada Hp atau Laptop, keterbatasan kuota dan jaringan yang kurang juga mejadi kendala. Pembelajaran luring juga mempunyai kendala walaupun tidak sebanyak pembelajaran daring, yaitu masalah dalam penerapan RPP pada saat masa pandemi sekarang ini adalah masalah waktu pembelajaran yang disingkat dan juga mood pada anak, mood anak pada waktu pagi dan siang berbeda jadi bagaimana kita sebagai guru menyesuaikan agar proses pembelaarannya baik, dan juga alokasi waktu yang diperpendek. Dalam meminimalisir kendala pada pembelajaran daring, hendaknya menyiapkan materi pembelajaran semenarik mungkin, seperti misalnya menggunakan powerpoint disertai video pembealajaran, sedangkan pada pembelajaran luring harus metode pembelajarannya harus dibuat semenarik mungkin untuk menyesuaikan mood pada peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Sistem Pembelajaran PPKn, Masa Pandemi Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Nov 2021 06:34
Last Modified: 25 Nov 2021 06:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26218

Actions (login required)

View Item View Item