PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL TERHADAP KUALITAS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KOTA MATARAM

NANIEK, FEBIYANTI (2021) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL TERHADAP KUALITAS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi. Naniek Febiyanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh kompetensi pedagogik dan profesional secara sendiri – sendiri maupun bersama – sama terhadap kualitas rencana pelaksanaan pembelajaran pada PAUD yang berada di Kota Mataram. Jenis penelitian menggunakan pendekatan ex post facto menerapkan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan analisis dokumen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program software SPSS versi 16.0. Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda ditemukan kualitas rencana pelaksanaan pembelajaran 24,560, koefisien regresi variabel kompetensi pedagogik sebesar 0,753 dan kompetensi profesional sebesar -0,385. Hasil uji determinasi (R square adjusted) adalah 0,227 berarti 22,7% variabel kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional secara simultan berpengaruh terhadap kualitas rencana pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan analisis parsial (Uji t), variabel kompetensi pedagogik mempunyai pengaruh yang signifikan dengan tingkat nilai thitung > ttabel yaitu 3,119 > 2,048 sedangkan kompetensi profesional tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel kualitas rencana pelaksanaan pembelajaran dengan tingkat nilai thitung < ttabel yaitu -1,213 < 2,048. Analisis korelasi parsial antara kompetensi pedagogik dan kualitas rencana pelaksanaan pembelajaran dengan kompetensi profesional dikontrol adalah 0,515 berarti terjadi hubungan yang kuat dan signifikan, sedangkan hasil analisis korelasi parsial antara kompetensi profesional dan kualitas rencana pelaksanaan pembelajaran dengan kompetensi pedagogik dikontrol adalah - 0,227 berarti terjadi hubungan yang sangat lemah dan tidak signifikan. Hasil uji F yaitu kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kualiats rencana pelaksanaan pembelajaran dengan nilai sig sebesar 0,012 dibawah tingkat signifikansi 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik seorang guru PAUD berpengaruh terhadap penyusunan kualitas rencana pelaksanaan pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pedagogik, Profesional, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Nov 2021 01:22
Last Modified: 26 Nov 2021 01:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26228

Actions (login required)

View Item View Item