KESENJANGAN SOSIAL ANTARA MASYARAKATKETURUNAN BANGSAWAN DAN JAJAR KARANG (Studi di Desa Darek Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah)

Lalu, Gede Maswan Wirantanus (2021) KESENJANGAN SOSIAL ANTARA MASYARAKATKETURUNAN BANGSAWAN DAN JAJAR KARANG (Studi di Desa Darek Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI GEDE R.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan 1) Bentuk kesenjangan sosial yang terjadi antara masyarakat keturunan bangsawan dan` jajar karang di Desa Darek Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah 2) faktor apa saja yang mempengaruhi terjadinya kesenjangan sosial yang terjadi antara masyarakat keturunan bangsawan dan jajar karang di Desa Darek Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah. Jenis pendekatan yang didunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat khususnya keturunan bangsawan dan jajar karang dan yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah Kepala Desa, Pemangku Adat, Tokoh Agama. Penentuan inforam dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan 1) Bentuk kesenjangan sosial yang terjadi antara masyarakat keturunan bangsawan dan jajar karang di Desa Darek Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah adalah kesenjangan sosial budaya dan kesenjangan sosial politk 2) faktor yang mempengaruhi terjadinya kesenjangan sosial yang terjadi antara masyarakat keturunan bangsawan dan jajar karang di Desa Darek Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah terdiri dari dua faktor yaitu faktor internal merupakan faktor-faktor yang berasal dari dalam diri seseorang. Faktor ini berupa perbedaan persepsi antara masyarat serta adanya hambatan dalam melakukakn hubungan sosial seperti perbedaan dalam hal ekonomi, budaya dan politik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Kesenjangan Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Nov 2021 01:22
Last Modified: 26 Nov 2021 01:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26232

Actions (login required)

View Item View Item