PERUBAHAN NILAI BUDAYA DALAM TRADISI MERARIQ ANTARA MASYARAKAT BANGSAWAN DAN MASYARAKAT JAJAR KARANG PADA MASYARAKAT SUKU SASAK (Studi Di Desa Sakra KecamatanSakra Kabupaten Lombok Timur)

RIMA, LAMHATUL BARQI (2021) PERUBAHAN NILAI BUDAYA DALAM TRADISI MERARIQ ANTARA MASYARAKAT BANGSAWAN DAN MASYARAKAT JAJAR KARANG PADA MASYARAKAT SUKU SASAK (Studi Di Desa Sakra KecamatanSakra Kabupaten Lombok Timur). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI PRINT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan 1) perubahan nilai budaya dalam tradisi merariq antara masyarakat bangsawan dan masyarakat jajarkarang pada masyarakat Suku Sasak (Studi Di Desa Sakra, Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur) 2) Factor-faktor yang menyebabkan perubahan nilai budaya dalam tradisi merariq antara masyarakat bangsawan dan masyarakat jajarkarang pada masyarakat Suku Sasak (Studi Di Desa Sakra, Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur). Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatf deskriftif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat bangsawan dan masyarakat jajar karang dan yang menjadi informan penelitian ini adalah Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat. Teknik pengambilan sampel untuk subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling dan untuk informan penelitian menggunakan teknik snowball samping. Teknik analisis data yang digunakan meliputi, reduksi data, penyaji data dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya perubahan nilai budaya dalam tradisi merariq antara masyarakat bangsawan dan masyarakat jajar karang pada masyarakat suku sassak yaitu perubahan dalam pemberian wali nikah, pemberian hak waris dan perubahan marginalisasi pada perempuan bangsawan. Adapun faktor yang mempengaruhi terjadinya perubahan nilai budaya dalam tradisi merariq antara masyarakat bangsawan daan masyarakat jajar karang adalah faktor internal (dari dalam diri) dan faktor eksternal (faktor pengaruh budaya lain dan faktor pendidikan).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Peubahan Nilai Budaya, Merariq, Masyarakat Bangsawan Masyarakat Jajar Karang
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Nov 2021 01:22
Last Modified: 26 Nov 2021 01:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26233

Actions (login required)

View Item View Item