IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SDN 19 RABANGODU UTARA KOTA BIMA

ACI, PRATIWI (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SDN 19 RABANGODU UTARA KOTA BIMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_ACI PRATIWI_E1E017001_IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SDN 19 RABANGODU UTARA KOTA BIM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi nilai-nilai pendidikan karakter yang dilaksanakan di SDN 19 Rabangodu Utara Kota Bima, perilaku siswa di sekolah tersebut dalam menerapkan nilai religius, jujur, tekun, disiplin, dan peduli/tanggungjawab, serta kendala yang dihadapi sekolah dalam proses implementasi nilai-nilai pendidikan karakter. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian mix methods dengan jenis design exploratory. Jenis penelitian ini menggabungkan penelitian kualittaif dan kauntitatif. Design penelitian ini mengumpulkan dan menganalisis data kualitatif terlebih dahulu baru kuantitatif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model pengembangan instrumen. Hal ini karena peneliti perlu untuk mengembangkan dan mengimplementasikan instrumen kuantitatif yang didasarkan pada temuan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, interview (wawancara), angket (kuisoner), dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik analisis data menurut Miles and Huberman untuk data kualitatif dan analisis statistik deskriptif untuk data kuantittaif. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses implementasi nilai-nilai pendidikan karakter yang dilaksanakan di SDN 19 Rabangodu Utara Kota Bima melalui kegiatan pengembangan diri (kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan dan pengkondisian) dan integrasi dalam pembelajaran secara tematik (Silabus dan RPP serta proses pembelajaran). (2) Perilaku siswa dalam menerapkan nilai karakter (Religius, jujur, tekun, disiplin, dan peduli/tanggungjawab) berada pada kategori cukup sebanyak 52 orang (61,17%). Sisanya pada kategori baik sebanyak 18 orang (21,18%), dan pada kategori kurang sebanyak 15 orang (17,65%). (3) Kendala yang dihadapi sekolah dalam proses implementasi nilai-nilai pendidikan karakter yaitu antara lain kurangnya perhatian beberapa orangtua terhadap siswa, kebiasaan siswa saat daring yang gemar bermain gadget dan menonton tv, serta kekurangan prasarana ruangan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Nov 2021 01:22
Last Modified: 26 Nov 2021 01:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26237

Actions (login required)

View Item View Item