PENGARUH PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 9 MATARAM

Annisaa, Nurulaili (2021) PENGARUH PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 9 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi (Annisaa Nurulaili).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Program Gerakan LIterasi Sekolah terhadap minat baca dan hasil belajar bahasa indonesia pada siswa kelas V SDN 9 Mataram. Jenis penelitian digunakan dalam penelitian ini correlational research yang menggunakan metode ex post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 9 Mataram yang berjumlah 35 orang siswa. Dalam penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Sampel Jenuh. Teknik ini digunakan karena, semua populasi akan digunakan sebagai sampel. Data program gerakan literasi sekolah dan minat baca dikumpulkan dengan kuesioner dan hasil belajar bahasa indonesia menggunakan nilai rapot semester genap Tahun ajaran 2020/2021. Data dianalisis menggunakan analisis korelasi sederhana dan analisis regrensi sederhana berbantuan SPSS versi 21.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama, ada pengaruh yang signifikan antara program gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa kelas V SDN 9 Mataram. Kedua, ada pengaruh yang signifikan antara program gerakan literasi sekolah terhadap hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas V SDN 9 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Gerakan Literasi Sekolah, Minat Baca, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Nov 2021 07:54
Last Modified: 26 Nov 2021 07:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26245

Actions (login required)

View Item View Item