PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG BUAH PEPAYA (Carica papaya L.) PADA PAKAN TERHADAP PENINGKATAN KECERAHAN IKAN MASKOKI (Carassius auratus)

Hasyiati, Aini (2021) PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG BUAH PEPAYA (Carica papaya L.) PADA PAKAN TERHADAP PENINGKATAN KECERAHAN IKAN MASKOKI (Carassius auratus). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Hasyiati Aini_C1K017037.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ikan hias merupakan salah satu komoditi perikanan yang memiliki peluang besar untuk dikembangkan karena banyaknya peminat ikan hias baik didalam maupun diluar negeri. Permasalahan yang sering ditemukan oleh para pembudidaya ikan hias adalah warna ikan hias yang kurang menarik. Warna ikan hias merupakan salah satu faktor yang memiliki pengaruh sangat penting dalam menentukan harga jual dari ikan hias tersebut. Sehingga untuk meningkatkan dan mempertahankan keindahan warna ikan hias maka perlu diberikan pakan yang mengandung karotenoid tinggi. Dalam penelitian ini, bahan alami yang digunakan sebagai sumber zat karoten alami adalah buah pepaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dosis tepung buah pepaya yang tepat untuk meningkatkan kecerahan warna ikan Maskoki (Carassius auratus) serta menganalisa pengaruh penambahan tepung buah pepaya pada pakan terhadap peningkatan kecerahan ikan Maskoki (Carassius aurratus). Penelitian ini dilaksanakan pada 5 April hingga 3 Juni 2021 di Laboratorium Program Studi Budidaya Perairan Fakultas Pertanian Unuversitas Mataram. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan empat perlakuan dan tiga kali ulangan yaitu P1 (tanpa penambahan tepung pepaya), P2 (penambahan tepung pepaya 15%), P3 (penambahan tepung pepaya 20%), P4 (penambahan tepung pepaya 25%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecerahan Maskoki tertinggi yaitu pada perlakuan P4 dengan nilai 87,02 dan terendah pada P1 dengan nilai 72,06. Kandungan karotenoid tertinggi yaitu pada P4 dengan nilai 9,81 µmol/g sedangkan kandungan karotenoid terendah yaitu pada P1 dengan nilai 4,52 µmol/g. Penambahan tepung pepaya 25% menghasilkan tingkat kecerahan warna terbaik dengan nilai 87,02 serta total karotenoid tertingi dengan nilai 9,81 µmol/g.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Ikan Maskoki, Pepaya, Kecerahan, Karotenoid.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Nov 2021 07:54
Last Modified: 26 Nov 2021 07:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26247

Actions (login required)

View Item View Item