PENGARUH PENGGUNAAN BAKTERI Rhodobacter DENGAN KONSENTRASI YANG BERBEDA TERHADAP KUALITAS AIR PEMELIHARAAN IKAN LELE (Clarias sp.)

Fajrianti, Dwi Qurnia (2021) PENGARUH PENGGUNAAN BAKTERI Rhodobacter DENGAN KONSENTRASI YANG BERBEDA TERHADAP KUALITAS AIR PEMELIHARAAN IKAN LELE (Clarias sp.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Fajrianti Dwi Qurnia_C1K017027.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kegiatan budidaya secara tradisional maupun secara intensif pada jenis ikan air tawar yang mempunyai nilai ekonomi telah banyak dilakukan salah satu yaitu pada ikan lele. Salah satu cara agar meningkatknya jumlah produksi ikan lele dapat dilakukan dengan meningkatkan jumlah padat tebar pada tiap wadah pemeliharaan. Peningkatan padat tebar pemeliharaan ikan lele dapat menimbulkan masalah pada kualitas air. Penyebab kualitas air pada lingkungan budidaya menjadi buruk adalah karena jumlah produksi limbah yang lebih banyak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pemberian bakteri Rhodobacter terhadap kualitas air pemeliharaan ikan lele dan menyimpulkan dosis terbaik penggunaan bakteri Rhodobacter terhadap kualitas air pemeliharaan ikan lele. Penelitian ini dilaksanakan selama 60 hari mulai dari bulan Mei-Juli 2021 di Laboratorium Basah , Program Studi Budidaya Perairan, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang meliputi 4 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan yang diberikan terdiri atas A (tanpa pemberian rhodobacter), B (Penambahan Rhodobacter 0,5 ml/1 liter air), C (penambahan Rhodobacter sebanyak 1 ml/1 liter air), D (penambahan Rhodobacter sebanyak 1,5 ml/1 liter air). Kandungan amonia tertinggi terdapat pada perlakuan A sebesar 8,78 mg/L dan terendah pada perlakuan D sebesar 4,78 mg/L. Kandungan nitrit tertinggi terdapat pada perlakuan A sebesar 1,26 mg/L dan terendah terdapat pada perlakuan D sebesar 0,41 mg/L. Kandungan nitrat tertinggi terdapat pada perlakuan D sebesar 73.33 mg/L dan terendah terdapat pada perlakuan A sebesar 40,00 mg/L. Tingkat kelangsungan hidup tertinggi terdapat pada perlakuan D sebesar 95,83% dan terendah pada perlakuan A sebesar 71,7%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Ikan lele, Kualitas air, Rhodobacter
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Nov 2021 07:54
Last Modified: 26 Nov 2021 07:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26248

Actions (login required)

View Item View Item