PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORY KINESTHETIC (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 20 WOJA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Intan, Nargis (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORY KINESTHETIC (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 20 WOJA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Intan Nargis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 20 Woja. Jenis penelitian yang digunakan ialah Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi pada penelitian ini berjumlah 39 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar dokumentasi. Uji normalitas dilakukan dengan perhitungan data berupa hasil belajar bahasa Indonesia pre-test dan post-test menggunakan rumus kolmogrov smirnov dengan taraf sig 5% (0,05) kemudian setelah data berdistribusi normal dilakukan uji homogenitas yang diperoleh dari hasil perhitungan post-test, selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan uji t menggunakan perhitungan data post-test siswa. Hasil analisis data didapatkan nilai sig 2 tailed sebesar 0,012 yang nilainya kurang dari 0,05, maka berdasarkan hipotesis penelitian, jika nilai sig 2 tailed ≤ 0,05 t-tabel maka Ho ditolak dan Hₐ diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 20 Woja Tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil penelitain ini diharapkan dapat diajukan sebagai acuan dalan penelitian selanjutnya, namun dalam mata pelajaran yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Visual Auditory Kinesthetic (VAK), Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, SD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Nov 2021 03:15
Last Modified: 30 Nov 2021 03:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26272

Actions (login required)

View Item View Item