PESAN FOTO DALAM FOTO JURNALISTIK (Analisis Pesan Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Foto Jurnalistik Headline Koran Lombok Post dan Suara NTB)

Mohammad, Khairul Umami (2021) PESAN FOTO DALAM FOTO JURNALISTIK (Analisis Pesan Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Foto Jurnalistik Headline Koran Lombok Post dan Suara NTB). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi muhammad khairul umami.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (883kB)

Abstract

Faktor yang menyebabkan masyarakat membaca surat kabar adalah sebagai sumber informasi, hiburan, mudah dibawa ke mana-mana, dapat dibaca pada saat waktu senggang dan sarana pembelajaran masyarakat luas. Dalam menyajikan sebuah berita, setiap media memiliki agenda media yang berbeda-beda. Dalam agenda media pada media cetak, terdapat kemampuan untuk menyeleksi dan mengarahkan perhatian pembaca. Dengan kata lain, media mengatur informasi yang akan dikonsumsi oleh pembaca. Covid-19 menjadi perhatian seluruh dunia pada saat ini. Hal tersebut menyebabkan berbagai media memberitakan peristiwa tersebut diantaranya yakni Lombok Post dan Suara NTB sebagai media lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Foto Jurnalistik headline koran Lombok Post dan Suara NTB menyajikan berita terkait dengan bagaimana penerapan protokol kesehatan Covid-19. Jenis penelitian ini adalah metode recording kualitatif. Metode penelitian yang digunakan ialah metode analisis data. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyajian berita berdasarkan jenis berita yang lebih mendominasi untuk dijadikan berita headline pada halaman depan surat kabar Lombok Post dan Suara NTB yaitu Foto Jurnalistik atau headline berita langsung. Kemudian penyajian berita berdasarkan kategori berita yang lebih mendominasi pada surat kabar Lombok Post yaitu Protokol Kesehatan diabaikan, Sedangkan penyajian berita berdasarkan kategori berita pada Headline Suara NTB yang lebih mendominasi yakni TGB. Serukan Warga NTB Patuhi Protokol kesehatan. Serta penyajian Foto Jurnalistik Headline berdasarkan luas kolom dan warna atau pesan foto dalam berita yang tersaji pada surat kabar Lombok Post dan Suara NTB, yang lebih mendominasi yakni surat kabar Lombok Post dengan panjang dan lebar kolom (Luas lebar 7- 9 cm). Sedangkan panjang dan lebar kolom dalam penyajian foro Jurnalistik berita headline Suara NTB dengan ukuran (Luas 7cm dan panjang 11cm). Hal ini menunjukkan bahwa Suara NTB lebih menampilka pesan Foto Jurnalistik dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19 pada halaman headline surat kabarnya, daripada headline Lombok Post.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Pesan Foto, Headline Koran, Lombok Post dan Suara NTB.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Nov 2021 03:15
Last Modified: 30 Nov 2021 03:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26277

Actions (login required)

View Item View Item