DESKRIPSI KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 15 MATARAM TAHUN AJARAN 2020/2021

INDAH, APRILIANI (2021) DESKRIPSI KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 15 MATARAM TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
COVER DKK SKRIPSI INDAH APRILIANI - fiks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ketika menjawab soal cerita matematika, banyak siswa yang mengerjakan soal cerita tanpa menuliskan tahapan-tahapan penyelesaian soal cerita matematika seperti diketahui, ditanya, dijawab, dan kesimpulan. Kesulitan-kesulitan yang dialami siswa perlu diketahui secara mendalam untuk kelancaran proses belajar mengajar selanjutnya dan mengantisipasi supaya tidak mempengaruhi hasil belajar matematika secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan penyebab kesulitan menyelesaikan soal cerita matematika kelas V di SDN 15 Mataram. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V-A SDN 15 Mataram, dan objek penelitian adalah jenis kesulitan dan penyebab kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas V-A. Instrument penelitian yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Dokumentasi yang dimaksudkan disini yaitu daftar nilai siswa dan lembar hasil jawaban siswa. Jenis wawancara yang digunakan adalah wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesulitan yang dialami oleh siswa kelas VA dalam menyelesaikan soal cerita matematika meliputi; (1) kesulitan pada aspek bahasa mencapai rata-rata persentase 55%, (2) kesulitan pada aspek prasyarat mencapai rata-rata 69%, (3) kesulitan pada aspek terapan mencapai rata-rata 56.5%, dan (4) kesulitan pada aspek penarikan kesimpulan mencapai rata-rata 50%. Faktor penyebab kesulitan yang ditemukan adalah kesulitan memahami cerita didalam soal, artinya siswa sulit dalam memaknai kalimat yang terdapat pada soal cerita, sulit mengerjakan penyelesaian soal cerita matematika, siswa tidak senang belajar matematika, rasa bosan dan malas dalam diri siswa, ketidaktertarikan siswa dengan materi matematika dan tidak menggunakan alat bantu dalam proses pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa masih terdapat siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika, salah satunya pada materi kecepatan. Khususnya dalam tes bahasa, tes prasyarat, penerapan rumus, dan penarikan kesimpulan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Kesulitan belajar, soal cerita matematika, sekolah dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Nov 2021 03:16
Last Modified: 30 Nov 2021 03:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26281

Actions (login required)

View Item View Item