PENGARUH VARIASI BUBUR KERTAS SEBAGAI FILLER BERPENGUAT SERAT DAUN NANAS DAN BERMATRIKS POLYVINYL ACETATE TERHADAP KEKUATAN TARIK DAN KEKUATAN BENDING

ROMI, SAPUTRA (2021) PENGARUH VARIASI BUBUR KERTAS SEBAGAI FILLER BERPENGUAT SERAT DAUN NANAS DAN BERMATRIKS POLYVINYL ACETATE TERHADAP KEKUATAN TARIK DAN KEKUATAN BENDING. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR ROMI SAPUTRA F1C114027.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Pemanfaatan kertas bekas sebagai filler dan serat daun nanas merupakan serat alam sebagai penguat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan tarik dan kekuatan bending komposit. Komposit berpenguat serat daun nanas, filler bubur kertas dan bermatriks polyvinyl acetate metode yang digunakan adalah dengan perlakuan serat daun nanas sebelum digunakan direndam dengan larutan NaOH 5% selama 2 jam. Kemudian dilakukan pembilasan dengan air dan dikeringkan dibawah sinar matahari. Serat dipotong dengan ukuran 2 cm dan dicetak menggunakan metode tekan. Pengujian yang dilakukan adalah uji tarik mengacu ke ASTM D3039 dan uji bending mengacu pada ASTM D790. Parameter yang diukur adalah kekuatan tarik, regangan tarik, modulus elastisitas tarik, kekuatan bending dan modulus elastisitas bending Untuk mengetahui signifikansi pengaruh variasi bubur kertas digunakan metode analisis anova satu arah (one way analysis of varian) Hasil penelitian menunjukan kekuatan tarik tertinggi pada variai fraksi volume bubur kertas 50% sebesar 2,52 Mpa, regangan tarik tertinggi pada variai fraksi volume bubur kertas 50% sebesar 2,16%, modulus elastisitas tarik tertinggi pada variasi fraksi volume bubur kertas 50% sebesar 509,81 Mpa, kekuatan bending tertinggi pada variasi fraksi volume bubur kertas 50% sebesar 3,19 Mpa dan modulus elastisitas bending tertinggi pada variasi fraksi volume bubur kertas 70% sebesar 121,63 Mpa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Filler Bubur Kertas, Serat Daun Nanas, Kekuatan Tarik, Kekuatan Bending
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Nov 2021 03:16
Last Modified: 30 Nov 2021 03:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26284

Actions (login required)

View Item View Item