SIMULASI DAN ANALISIS KONTINGENSI SISTEM KELISTRIKAN LOMBOK 150 kV AKIBAT LEPASNYA PEMBANGKIT

Lenka, Aurelie Yudhistira (2021) SIMULASI DAN ANALISIS KONTINGENSI SISTEM KELISTRIKAN LOMBOK 150 kV AKIBAT LEPASNYA PEMBANGKIT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan TA_Lenka Aurelie Y_F1B117020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam sistem tenaga listrik terdapat tiga proses untuk memenuhi kebutuhan listrik yaitu pembangkitan, transmisi, dan distribusi. Dalam penyediaan dan pelayanan tenaga listik diperlukan kualitas, keandalan, dan efisiensi yang baik. Permasalahan kontinyuitas pelayanan listrik perlu dijaga pada sisi keandalan pembangkit dalam menghadapi berbagai macam gangguan pada sistem. Keberlanjutan operasi pembangkit sangat menentukan apakah sistem dapat bertahan ataupun tidak ketika menghadapi gangguan. Upaya untuk mengurangi dampak yang terjadi akibat gangguan-gangguan tersebut dapat dilakukan dengan analisis kontingensi. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh pelepasan unit pembangkit terhadap perubahan aliran daya dan tegangan bus pada sistem kelistrikan Lombok 150 kV. Pelepasan pembangkit dilakukan berdasarkan urutan Indeks Performa Kontingensi. Pembangkit yang dilepas harus memenuhi syarat yaitu daya nya harus diatas nilai Indeks Kekuatan Sistem Lombok yaitu 21,74 MW. Selanjutnya dilakukan analisis penyebab terlanggarnya batasan tegangan bus, pembebanan saluran, dan ketersediaan cadangan putar ketika terjadi gangguan pada sistem. Dalam penelitian ini dilakukan melalui simulasi menggunakan software DIgSILENT Power Factory 15.1. Hasilnya, Sistem Lombok dapat mempertahankan sebagian dari sistem tetap bertegangan ketika kondisi n-4 dengan skema pelepasan beban.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Kontingensi, Sistem Kelistrikan Lombok, 150 kV, Indeks Performa Kontingensi, Indeks Kekuatan Sistem
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Nov 2021 05:35
Last Modified: 30 Nov 2021 05:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26286

Actions (login required)

View Item View Item