STRATEGI PENGUATAN KAPASITAS KELOMPOK TANI HUTAN KEMASYARAKATAN WANA LESTARI DESA BUKIT TINGGI KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Diajeng, Aulya Sekartaji (2021) STRATEGI PENGUATAN KAPASITAS KELOMPOK TANI HUTAN KEMASYARAKATAN WANA LESTARI DESA BUKIT TINGGI KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
C1L017031-SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi, menganalisis faktor internal-eksternal dan merumuskan strategi penguatan kapasitas kelompok tani Hutan Kemasyarakatan Wana Lestari di Dusun Batu Kemalik, Desa Bukit Tinggi, Kabupaten Lombok Barat. Pendekatan analisis yang digunakan yaitu Matriks SWOT, Matriks Evaluasi Faktor Internal/Eksternal dan Grand Strategy. Penentuan sampel menggunakan cluster sampling atau sampel kelompok/gerombolan. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 33 responden yang dibagi menjadi lima cluster, terdiri dari pengurus HKm Wana Lestari, anggota HKm Wana Lestari, aparatur Desa Bukit Tinggi, BPD Bukit Tinggi dan aparatur KPH Rinjani Barat. Metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner, dokumentasi, dan in-depth interview. Adapun ruang lingkup atau variabel yang diteliti adalah aspek tata kelola kawasan, tata kelola kelembagaan dan tata kelola usaha. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui terdapat 3 faktor kekuatan internal, 4 faktor kelemahan internal, 3 faktor peluang eksternal serta 3 faktor ancaman eksternal. Posisi kelembagaan kelompok tani berada dalam posisi lemah secara internal sehingga belum dapat memaksimalkan kekuatan untuk mengatasi kelemahan dan belum efektif dalam memanfaatkan peluang serta meminimalkan ancaman yang ada. Kelembagaan kelompok tani berada di kuadran I, dimana ada beberapa perumusan strategi terbaik yang dapat digunakan salah satunya yaitu peningkatan SDM, pengembangan pasar, integrasi ke belakang, diversifikasi konsentrik dan pengadaan fasilitas alat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci; Penguatan kapasitas, Kelompok tani, HKm
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Dec 2021 23:58
Last Modified: 01 Dec 2021 23:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26298

Actions (login required)

View Item View Item