ANALISIS STRUKTUR, TINGKAH LAKU DAN PENAMPILAN (SCP) PASAR TANAMAN HIAS DI DESA BANYUMULEK

Lulu, Alvanitha Aryanti (2021) ANALISIS STRUKTUR, TINGKAH LAKU DAN PENAMPILAN (SCP) PASAR TANAMAN HIAS DI DESA BANYUMULEK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
C1G017123-SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tanaman hias merupakan salah satu produk pertanian yang memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi dan merupakan komoditas yang dapat dikembangkan baik dalam skala kecil maupun skala besar. Desa Banyumulek sebagai sentra pembibitan tanaman hias mengalami permasalahan dalam pemasaran tanaman hias. Walaupun memiliki permintaan produksi tanaman hias yang tinggi namun dalam memasarkan tanaman hias masih belum bisa mempengaruhi posisi tawar petani. Kondisi posisi tawar petani tanaman hias masih lemah dan selalu sebagai penerima harga dalam proses penentuan harga tanaman hias. Peningkatan produksi tanaman hias di lapangan dapat dikaji dengan melihat beberapa kajian pemasaran SCP (Structure, Conduct and Performance). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan: (1) untuk mengetahui struktur, tingkah laku, dan penampilan pasar tanaman hias di Desa Banyumulek, (2) untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pemasaran tanaman hias di Desa Banyumulek. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan unit analisisnya adalah petani dan lembaga pemasaran yang terkait. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Banyumulek Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat dengan pemilihan lokasi dilakukan secara Purposive Sampling. Penentuan jumlah responden ditentukan dengan menggunakan Quota Sampling yaitu mendata 30 petani dan pedagang yang mengusahakan tanaman hias di Desa Banyumulek. Hasil penelitian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) struktur pasar tanaman hias di Desa Banyumulek cenderung mengarah pada oligopsoni dengan konsentrasi sedang ditunjukan dengan nilai konsentrasi rasio pada pedagang pengecer sebesar 49,56% dan pedagang besar dengan konsentrasi rasio sebesar 50,44%. (2) tingkah laku pasar tanaman hias di Desa Banyumulek dilihat dari penentuan harga ditentukan oleh kelompok tani (Kelompok Tani Bunga) baru kemudian petani mengadakan kesepakatan harga dengan pedagang pengecer dan pedagang besar. (3) penampilan pasar tanaman hias di Desa Banyumulek dikatakan efisien, hal ini dapat dilihat dari distribusi margin pemasaran saluran I sebesar Rp. 3.336, margin pemasaran saluran II sebesar Rp.8.400 dan margin pemasaran saluran III sebesar Rp.6.617. (4) hambatan dalam pemasaran tanaman hias di Desa Banyumulek yang paling banyak dihadapi adalah hambatan harga dan iklim.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): TANAMAN HIAS, PEDAGANG, EKONOMI PERTANIAN
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Dec 2021 23:58
Last Modified: 01 Dec 2021 23:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26299

Actions (login required)

View Item View Item