PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BASIL (Ocimum basilicum L.) DAN JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata Sturt.) PADA SISTEM TUMPANGSARI DENGAN WAKTU TANAM YANG BERBEDA

Nurlaili, Suriani (2021) PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BASIL (Ocimum basilicum L.) DAN JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata Sturt.) PADA SISTEM TUMPANGSARI DENGAN WAKTU TANAM YANG BERBEDA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
C1M016135-NURLAILI SURIANI_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pertumbuhan dan hasil tanaman basil dan jagung manis pada sistem tumpangsari dengan waktu tanam yang berbeda. Percobaan ini dilakukan di lahan sawah Desa Penimbung, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dari Agustus-Desember 2020. Percobaan disusun menurut Rancangan Acak Kelompok dengan satu faktor yaitu waktu tanam, terdiri atas 5 aras: jagung manis dan basil ditanam bersamaan (TS1), basil ditanam 2 minggu setelah jagung manis (TS2), jagung manis ditanam 2 minggu setelah tanam basil (TS3), monokrop jagung manis (TS4), dan monokrop basil (TS5), dengan tiga ulangan. Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan analisis ragam taraf 5%, dan variabel yang berpengaruh nyata diuji lanjut dengan uji BNJ taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Perlakuan waktu tanam berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman basil. Performa pertumbuhan tanaman basil dalam bentuk laju pertumbuhan jumlah cabang dan berat brangkasan segar maupun kering, demikian pula performa hasil panen, tertinggi pada perlakuan penanaman basil dua minggu sebelum jagung dan pada monokrop. Budidaya basil dan jagung manis dengan sistem tumpangsari lebih menguntungkan dibandingkan monokropnya karena NKL >1,00. NKL tertinggi (1,82) pada penanaman basil dua minggu sebelum jagung manis, dan terendah pada penanaman basil dua minggu setelah tanam jagung manis (1,62).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: pertumbuhan, hasil, basil, jagung manis, waktu tanam, tumpangsari
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Dec 2021 23:58
Last Modified: 01 Dec 2021 23:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26301

Actions (login required)

View Item View Item