ANALISIS BIAYA, PENDAPATAN, DAN PEMASARAN USAHA AGROINDUSTRI BERBAHAN BAKU NANGKA DI KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT

GUNAWAN, YUDHA PRAWIRA (2021) ANALISIS BIAYA, PENDAPATAN, DAN PEMASARAN USAHA AGROINDUSTRI BERBAHAN BAKU NANGKA DI KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi Gunawan Yudha Prawira new.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk menganalisis besar biaya dan pendapatan usaha agroindustri berbahan baku nangka di Kecamatan Narmada (2), Untuk menganalisis saluran pemasaran produk agroindustri berbahan baku nangka di Kecamatan Narmada, dan (3) Untuk menganalisis efisiensi pemasaran produk agroindustri berbahan baku nangka di Kecamatan Narmada. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan unit analisis adalah usaha agroindustri berbahan baku nangka di Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini dilaksanakan di empat desa yaitu Desa Suranadi, Pakuan, Penangke dan Narmada. Penentuan daerah sampel dilakukan secara purposive sampling dengan penentuan responden secara sensus sebanyak 2 pengusaha kripik nangka 10 pengusaha dodol nangka dan 1 pengusaha keduanya. Penentuan responden lembaga pemasaran dilakukan dengan metode snow ball dengan jumlah sampel pedagang pedagang pengempul sebanyak 4 orang dan pedagang pengecer sebanyak 4 orang. Berdasarkan jenisnya data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif, sedangkan berdasarkan sumbernya ada dua, yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data pada penelitian ini yaitu: (1) Analisis biaya (2) Analisis keuntungan (3) Analisis pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Rata-rata biaya produksi dodol nangka di Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat adalah sebesar Rp 1.883.668 dalam satu kali proses produksi dengan menggunakan rata-rata bahan baku sebanyak 34 kg, dan rata-rata biaya produksi kripik nangka sebesar Rp 1.188.409 dalam satu kali proses produksi dengan menggunakan rata-rata bahan baku sebanyak 12 kg. Untuk pendapatan dodol nangka dalam satu kali proses produksi yaitu sebesar Rp 464.059 sedangkan pendapatan kripik nangka dalam satu kali proses produksi sebesar Rp 778.258. (2) Terdapat tiga saluran pemasaran untuk produk dodol nangka di Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat, sebagai berikut : Saluran Pemasaran I: Pengusaha – Pengepul – Pengecer – Konsumen Akhir. Saluran Pemasaran II: Pengusaha – Pengecer – Konsumen akhir. Saluran Pemasaran III: Pengusaha – Konsumen Akhir. Sedangkan untuk saluran pemasaran kripik nangka ada dua saluran yaitu : Saluran Pemasaran I : Pengusaha – Pengecer – Konsumen Akhir. Saluran Pemasaran II : Pengusaha – Konsumen Akhir. (3) Efisiensi pemasaran agroindustri berbahan baku nangka yaitu dodol dan kripik nangka adalah saluran pemasaran III dodol nangka dan saluran pemasaran II kripik nangka yang merupakan saluran pemasaran yang sangat efisien.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Agroindustri nangka, biaya, pendapatan, pemasaran
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Dec 2021 23:58
Last Modified: 01 Dec 2021 23:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26314

Actions (login required)

View Item View Item