KESULITAN GURU BIOLOGI DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN ASESMEN AUTENTIK KURIKULUM 2013 (Studi Deskriptif pada Guru Biologi SMA di Kecamatan Praya Barat Daya Tahun Pelajaran 2020/2021)

DWI, ALVIANA SHOLIHA (2021) KESULITAN GURU BIOLOGI DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN ASESMEN AUTENTIK KURIKULUM 2013 (Studi Deskriptif pada Guru Biologi SMA di Kecamatan Praya Barat Daya Tahun Pelajaran 2020/2021). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DWI ALVIANA SHOLIHA (E1A016012).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan guru biologi SMA di Kecamatan Praya Barat Daya Tahun Pelajaran 2020/2021 dalam merencanakan dan melaksanakan Asesmen Autentik kurikulum 2013. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah guru biologi di SMAN 1 Praya Barat Daya, guru biologi SMA Islam Al Maarif Pandan Indah, dan guru biologi SMA Islam Raudlatul Ulum Batu Jangkih, berjumlah 8 orang. Teknik pengumpulan data ialah menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data diterapkan langkah- langkah yaitu reduksi data, paparan atau penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan proses pelaksanaan asesmen autentik yang dilakukan oleh guru biologi masih kurang efektif. Diperoleh data dalam merencanakan penilaian sebesar 78,75% termasuk dalam kategori baik dan dalam pelaksanaan penilaian diperoleh data sebesar 43,26% termasuk dalam kategori kurang. Kesulitan yang dialami guru biologi dalam merencanakan asesmen autentik kurikulum 2013 yaitu dalam menentukan standar penilaian dan kesulitan yang dialami guru dalam melaksanakan asesmen autentik yakni pada ranah afektif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kesulitan, Merencanakan, Melaksanakan Asesmen Autentik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Dec 2021 23:58
Last Modified: 01 Dec 2021 23:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26315

Actions (login required)

View Item View Item