PENGARUH PEMOTONGAN DAN BERAT BENIH TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) VARIETAS KETA MONCA

YUDHA, HIDAYATULLAH (2021) PENGARUH PEMOTONGAN DAN BERAT BENIH TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) VARIETAS KETA MONCA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Yudha Hidayatullah_C1M017144.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemotongan benih dan berat benih pada pertumbuhan dan hasil bawang merah varietas Keta-Monca. Penelitian ini dilaksanakan pada Rumah Kaca Fakultas Pertanian Universitas Mataram. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial yang terdiri atas 2 faktor perlakuan, faktor pertama berat benih dengan perlakuan ukuran 4 g, 7 g, dan 11 g. Faktor kedua yaitu pemotongan benih dengan perlakuan tanpa pemotongan dan pemotongan 1/3 bagian dari ujung umbi oleh karena itu diperoleh 6 kombinasi perlakuan dengan 3 kali ulangan sehingga didapatkan 18 unit percobaan, dalam 1 unit perlakuan terdapat 4 sub pengamatan sehingga perlakuannya menjadi 72 unit polybag. Berdasarkan hasil penelitian pertumbuhan tanaman bawang merah yang mendapatkan perlakuan pemotongan ujung benih terdapat hasil yang signifikan, akan tetapi untuk hasil tanaman bawang merah terdapat respon yang signifikan pada perlakuan tanpa pemotongan. Berat benih memberikan nilai yang signifikan terhadap pertumbuhan dan hasil pada berat benih 11 g. Interaksi pemotongan dan berat benih perlakuan tanpa pemotongan dengan berat benih 11 g memberikan nilai yang tinggi dengan produktivitas 14,33 ton/ha.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Faktorial, pemotongan, berat benih, pertumbuhan dan hasil bawang merah.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Dec 2021 23:58
Last Modified: 01 Dec 2021 23:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26316

Actions (login required)

View Item View Item