PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI RUMAH PADA MASA COVID-19 (Studi Kasus Pada Anak Usia 5-6 Tahun)

Dian, Indah Sri Lestari (2021) PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI RUMAH PADA MASA COVID-19 (Studi Kasus Pada Anak Usia 5-6 Tahun). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DIAN INDAH SRI LESTARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya Pandemi Covid-19 yang mengharuskan pembelajaran dari rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan sosial emosional anak selama pelaksanaan pembelajaran dari rumah pada masa pandemi Covid-19 di Dusun Presak Baru Desa Menemeng Kecamatan Pringgarata Lombok Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun sebanyak 5 orang anak. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Dari hasi penelitian didapatkan data bahwa cara para orang tua mengembangkan sosial emosional anak pada masa pandemi berbeda-beda. Adapun cara para orang tua meningkatkan perkembangan sosial emosional masing-masing anak yaitu: 1) mengajak anak belajar bersama kakaknya; 2) mengajak senam; 3) mengajak anak bernyanyi; 4) mengajak melakukan rutinitas sehari-hari seperti membantu merapikan tempat tidur dan menyapu halaman; 5) mengajak anak untuk melakukan kegiatan bercerita singkat. Adapun proses pembelajaran yang digunakan oleh guru dilakukan secara variatif. Pertama, secara daring sesuai anjuran pemerintah untuk mencegah penularan virus corona. Kedua, belajar secara tatap muka dilakukan secara bergiliran dengan membagi kelompok belajar dalam jumlah kecil untuk mencegah kejenuhan dan mereka masih tetap dapat berinteraksi dengan teman-teman dan gurunya. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 5 orang anak yang diteliti terdapat 4 anak dalam kategori BSH (sebesar 55%, 58.33%, 70% dan 75%) dan 1 anak yang BSB (sebesar 77%).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Sosial Emosional, Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Dec 2021 23:58
Last Modified: 01 Dec 2021 23:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26318

Actions (login required)

View Item View Item