RANCANG BANGUN INSTRUMEN PENGUKURAN BERBASIS ARDUINO NANO UNTUK PENGUJIAN GENERATOR MAGNET PERMANEN CONTRA-ROTATING AXIAL FLUX

Aji, Sumiardi (2021) RANCANG BANGUN INSTRUMEN PENGUKURAN BERBASIS ARDUINO NANO UNTUK PENGUJIAN GENERATOR MAGNET PERMANEN CONTRA-ROTATING AXIAL FLUX. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
LAPORAN TA_AJI SUMIARDI_F1B017009.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Diperlukan alat ukur untuk dapat mengukur parameter prototipe generator yang sedang diuji. Sedangkan alat ukur yang tersedia hanya mampu mengukur 1 jenis parameter saja dalam satu waktu dan proses pergantian alat ukur sesuai parameter nya menjadi tidak efisien. Maka dilakukan rancang bangun instrumen pengukuran berbasis Arduino Nano untuk pengujian generator magnet permanen contra-rotating axial flux agar dapat mengukur lebih dari satu parameter generator (tegangan, arus, dan kecepatan) dalam waktu yang bersamaan. Instrumen pengukuran ini menggunakan mikrokontroller Arduino NANO, modul voltage divider, modul ACS712 , dan modul sensor IR berturut-turut berfungsi untuk mengukur tegangan, arus, dan kecepatan untuk pengujian generator magnet permanen contra-rotating axial flux serta layar OLED 0,96” untuk menampilkan tiga nilai parameter hasil pengukuran sehingga ketiga parameter yang diukur dapat diketahui dan dicatat pada saat yang bersamaan. Pengujian dan kalibrasi dilakukan dengan membandingkan hasil pembacaan voltmeter, amperemeter, dan tachometer dengan hasil pembacaan Instrumen Pengukuran yang dirancang kemudian dilakukan kalibrasi pada program instrumen pengukuran agar nilai hasil pembacaan Instrumen Pengukuran mendekati dengan pembacaan voltmeter, amperemeter, dan tachometer. Berdasarkan hasil pengujian dan kalibrasi, persentase error sensor tegangan, sensor arus, dan sensor kecepatan berturut-turut sebesar 0,618%; 0,5%; dan 0,5% sehingga dapat dianggap telah terkalibrasi. Instrumentasi Pengukuran telah dapat digunakan untuk pengujian generator magnet permanen contra-rotating axial flux dimana tegangan tertinggi yang dihasilkan oleh generator pada pengukuran tanpa beban tercatat sebesar 96,8 Volt pada kecepatan 552 rpm. Sedangkan pada pengukuran beban, pada kecepatan 86 rpm tercatat tegangan tertinggi sebesar 8,81 Volt dan 0,03 A untuk menyalakan 1 buah lampu pijar. Efisiensi Rata-Rata prototipe generator yang terukur sebesar 18,91% sedangkan daya maksimal prototipe generator yang dihasilkan terukur sebesar 2,366 Watt.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Arduino Nano, Instrumen Pengukuran, Pengujian Generator.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Dec 2021 23:59
Last Modified: 01 Dec 2021 23:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26321

Actions (login required)

View Item View Item