META-ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE5E TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Firda, Damayanti (2021) META-ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE5E TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
FIRDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis besar efektivitas pengaruh model pembelajaran learning cycle 5e terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah meta- analisis terhadap penelitian-penelitian sebelumnya yang menerapkan model pembelajaran learning cycle 5e terhadap hasil belajar siswa. Penelitian diawali dengan merumuskan masalah penelitian, menelusuri hasil penelitian yang relevan untuk dianalisis. Data dikumpulkan dengan menelusuri jurnal elektronik melalui Google Cendekia. Dari penelusuran diperoleh 8 artikel ilmiah yang telah dipublikasikan, instrument berupa pemberian kode (coding) dengan berpacu pada kriteria yang sudah ditentukan. Data dianalisis dengan menggunakan effect size. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa secara keseluruhan penelitian-penelitian yang dilakukan berpengaruh dan efektif terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar dengan effect size 0.875892 atau dalam kategori effect sedang. Model learning cycle 5e pun memberikan pengaruh dan efektif dilihat dari tingkatan kelas yakni pada kelas 4 dan 5 dan penerapan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar. Simpulan penelitian ini adalah model learning cycle 5e efektif pada hasil belajar siswa dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran lain dari studi ini.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Learning cycle 5e, Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Dec 2021 23:59
Last Modified: 01 Dec 2021 23:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26327

Actions (login required)

View Item View Item