KAJIAN KERAGAMAN GENETIK SIFAT-SIFAT KUANTITATIF GALUR F2 TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.) HASIL PERSILANGAN P8IS DENGAN HIBRIDA NK212

Ayu, Suci Mahardika (2021) KAJIAN KERAGAMAN GENETIK SIFAT-SIFAT KUANTITATIF GALUR F2 TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.) HASIL PERSILANGAN P8IS DENGAN HIBRIDA NK212. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI -AYU SUCI MAHARDIKA .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (958kB)

Abstract

Jagung termasuk tanaman serealia yang tumbuh hampir di seluruh dunia dan tergolong spesies dengan keragaman genetik yang besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keragaman genetik sifat-sifat kuantitatif terutama sudut daun, daya hasil, dan umur panen galur F2 hasil persilangan P8IS dengan NK212 di lahan kering; yang ditunjukkan dengan nilai koefisien keragaman genetik, dan untuk mengetahui rata-rata sudut daun, daya hasil dan umur panen galur F2 dibandingkan tetua P8IS. Penelitian telah dilaksanakan di Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK), dengan perlakuan beberapa galur generasi F2 (enam galur). Setiap perlakuan diulang sebanyak empat kali. Analisis data menggunakan analisis sidik ragam dan diuji lanjut dengan BNT pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Galur F2 hasil persilangan P8IS dengan Hibrida NK212 memiliki nilai koefisien keragaman genetik (KKG) sudut daun, daya hasil dan umur panen tergolong rendah dengan nilai KKG secara beturut-turut yaitu 10,1%, 18,82% dan 8,47%. Berdasarkan hasil analisis ragam rata-rata sudut daun seluruh populasi galur F2 lebih kecil dibanding P8IS kecuali G5 yang sama dengan P8IS. Daya hasil diperoleh dua genotipe yang signifikan dengan tetua P8IS yaitu pada genotipe G1 dan G4 dengan rata-rata daya hasil yaitu 7,77 kg per plot dan 8,05 kg per plot. Umur panen terdapat satu genotipe pada galur F2 yang sama dengan tetua P8IS yaitu pada genotipe G4 dengan rata-rata umur panen 79 hari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: keragaman genetik, jagung, sudut daun, daya hasil, umur panen.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Dec 2021 05:38
Last Modified: 02 Dec 2021 05:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26329

Actions (login required)

View Item View Item