PENGARUH STEREOTIP, KONSTRUKSI SOSIAL DAN SISTEM PATRIARKI DI INDONESIA TERHADAP TINGKAT PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM).

HURBAITAL, MUKADDISUL MURHAINI (2021) PENGARUH STEREOTIP, KONSTRUKSI SOSIAL DAN SISTEM PATRIARKI DI INDONESIA TERHADAP TINGKAT PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HURBAITAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Menurunnya tingkat partisipasi perempuan dan rendahnya tingkat penguasaan perempuan dalam bidang Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) menjadi hal yang harus diperhatikan pada zaman yang mengedepankan riset dan inovasi. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui faktor-faktor yang menjadi penyebab menurunnya tingkat partisipasi perempuan dalam bidang Science, Technology, Engineering, and Mathematic (STEM). 2) Mengetahui penyebab rendahnya persentase perempuan dalam penguasaan Science, Technology, Eengineering, and Mathematic (STEM). 3) Mengidentifikasi terkait pengaruh konstruksi sosial terhadap menurunnya tingkat partisispasi perempuan dan rendahnya persentase perempuan dalam penguasaan dalam bidang Science, Technology, Engineering, Mathematic (STEM). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui google form, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda analisis statistik deskriptif, analisis verifikatif dan uji asumsi klasik. Hasil Penelitian menunjukan bahwa menurunnya tingkat partisipasi perempuan dalam bidang Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) dan rendahnya tingkat penguasaan perempuan dalam bidang STEM tidak dipengaruhi oleh stereotip, konstruksi sosial dan sistem patriarki di indonesia. Stereotip tidak memiliki pengaruh yang signifikan trhadap tingkat partisispasi perempuan dalam bidang STEM artinya stereotip terkait STEM adalah area milik laki-laki tidak mempengaruhi keputusan perempuan dalam memilih untuk menempuh pendidikan atau berkarir dalam bidang STEM.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Stereotip, Konstruksi Sosial , Sistem Patriarki, Partisipasi Perempuan dalam bidang STEM.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Dec 2021 05:37
Last Modified: 02 Dec 2021 05:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26333

Actions (login required)

View Item View Item