ANALISIS KEMAMPUAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN TEMATIK GURU SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS 1 KEDIRI

Kurnia, Ariani Dahlia (2021) ANALISIS KEMAMPUAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN TEMATIK GURU SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS 1 KEDIRI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Kurnia Ariani Dahlia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejauhmana kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Negeri Gugus 1 Kediri. Pembelajaran tematik menjadi tantangan tersendiri bagi guru dalam pelaksanaan pembelaran di kelas karena keterbatasan fasiltias dan waktu yang dimiliki oleh sekolah khususnya pada masa pandemi covid-19. Penelitianinimenggunakanmetodekualitatifdeskriptif. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non probability jenis purposive sampling yaitutidak semua guru dijadikan sebagai sampel, namun berdasarkan kriteria tertentu sehingga didapatkan sebanyak 6 orang guru kelas II Sekolah Dasar Negeri Gugus 1 Kediri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) prinsip pengggalian perencanaan pembelajaran tematik pada kelas II Sekolah Dasar Negeri Gugus 1 Kediri belum sepenuhnya dilaksanakan dengan baik, 2) beberapa guru belum mampu menerapkan pembelajaran tematik dengan baik karena terkendala oleh kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari rumah, 3) evaluasi pembelajaran sudah dilakukan sesuai dengan perangkat pembelajaran yang disusun, 4) prinsip rekasi juga tidak bisa dilakukan karena proses pembelajaran secara online sehingga terdapat keterbatasan interaksi yang dilakukan. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Negeri Gugus 1 Kediri masih belum terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: kemampuan guru, pembelajarantematik, sekolahdasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Dec 2021 05:37
Last Modified: 02 Dec 2021 05:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26334

Actions (login required)

View Item View Item