HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR KIMIA DENGAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI LISAN BERDASARKAN PERSEPSI SISWA KELAS XI MIA DI SMAN MATARAM DAN LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2020/2021

LUKMANUL, HAKIM (2021) HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR KIMIA DENGAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI LISAN BERDASARKAN PERSEPSI SISWA KELAS XI MIA DI SMAN MATARAM DAN LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LUKMANUL HAKIM (E1M015045)-dikonversi (5).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara prestasi belajar kimia dengan keterampilan komunikasi lisan berdasarkan persepsi siswa. Penelitian kuantitatif ex-post facto melibatkan sebanyak 231 siswa sebagai sampel yang ditentukan menggunakan proportionate stratified random sampling. Data keterampilan komunikasi lisan dikumpulkan menggunakan angket dan data prestasi belajar kimia siswa dari dokumen guru. Teknik analisis korelasi Pearson Product Moment digunakan untuk uji hipotesis dengan analisis deskriptif untuk menjelaskan tingkat ketercapaian prestasi maupun komunikasi lisan siswa. Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan (thitung = 12057,742 > ttabel = 3,89) antara prestasi belajar kimia dan keterampilan komunikasi lisan siswa kelas XI MIA di SMAN Mataram dan Lombok Barat Tahun Ajaran 2020/2021, namun hubungannya sangat rendah (rxy= 0,10). Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa kategori ketercapaian rata-rata nilai untuk prestasi belajar kimia dan keterampilan komunikasi lisan siswa kelas XI MIA di SMAN Mataram dan Lombok Barat Tahun Ajaran 2020/2021 secara keseluruhan termasuk kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Prestasi belajar kimia, Keterampilan komunikasi lisan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Dec 2021 05:37
Last Modified: 02 Dec 2021 05:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26336

Actions (login required)

View Item View Item