IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA PADA PERKAWINAN ADAT SORONG SERAH AJI KRAME DI KELURAHAN KEBUN SARI KECAMATAN AMPENAN

CITRA, KHARISMA RAMADHANI (2021) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA PADA PERKAWINAN ADAT SORONG SERAH AJI KRAME DI KELURAHAN KEBUN SARI KECAMATAN AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Citra Kharisma Ramadhani_ Revisi 4__.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi nilai-nilai Pancasila pada perkawinan adat sorong serah aji krame di Kelurahan Kebun Sari Kecamatan Ampenan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model menurut Miles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam sorong serah aji krame ialah (a) Nilai ketuhanan yang terkandung dalam tahapan sorong serah aji krame yaitu proses tembang dan berzikir dan beselawat serta pakaian yang digunakan dalam prosesi tersebut ialah pakaian yang sesuai dengan ajaran agama yaitu dengan menutup aurat. (b) Nilai kemanusiaan yang terkandung dalam tahapan sorong serah aji krame yaitu penyerahan dan penerimaan aji krame dan menggal tali jinnah. (c) Nilai persatuan yang terkandung dalam tahapan sorong serah aji krame yaitu persiapan gegawan, persiapan penampi, penyerahan dan penerimaan aji krame, dan menggal tali jinnah. (d) Nilai kerakyatan yang terkandung dalam tahapan sorong serah aji krame yaitu penyerahan dan penerimaan aji krame dan menggal tali jinnah. (e) Nilai keadilan yang terkandung dalam tahapan sorong serah aji krame yaitu persiapan gegawan dan persiapan penampi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Nilai-nilai Pancasila, Sorong Serah Aji Krame.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Dec 2021 05:37
Last Modified: 02 Dec 2021 05:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26340

Actions (login required)

View Item View Item