ELA, SANTI NONITA (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS VI DI SDN 10 MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI ELA SANTI NONITA_E1E017036.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang masih berpusat kepada guru, adanya persepsi negatif siswa terhadap pembelajaran muatan IPS, serta penggunaan model pembelajaran yang tidak sesuai dengan materi pelajaran dan situasi kondisi siswa yang mengakibatkan siswa kurang mampu terlibat aktif untuk mengembangkan seluruh aspek khususnya aspek kognitif dalam dirinya sehingga tujuan pembelajaran untuk mempengaruhi hasil belajar IPS siswa pun menjadi terhambat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar muatan IPS siswa kelas VI di SDN 10 Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis Quasi Eksperimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SDN 10 Mataram pada kelas VI yang berjumlah 58 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji One-Way ANOVA dengan perhitungan SPSS 25 yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi 2 tailed sebesar 0.000 ≤ 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar muatan IPS siswa kelas VI di SDN 10 Mataram Tahun Ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata kunci: Reciprocal Teaching, Hasil Belajar Muatan IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 02 Dec 2021 05:37 |
Last Modified: | 02 Dec 2021 05:37 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26342 |
Actions (login required)
View Item |