PENERAPAN PRINSIP TRANSPARANSI PADA MASA CORONA VIRUS DISEASE 19 (COVID-19) DALAM MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE DI DESA RARANG KABUPATEN LOMBOK TIMUR

BAIQ, SOPIAN ARLIANI (2021) PENERAPAN PRINSIP TRANSPARANSI PADA MASA CORONA VIRUS DISEASE 19 (COVID-19) DALAM MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE DI DESA RARANG KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-BAIQ SOPIAN ARLIANI-E1B017011-DONE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan prinsip transparansi pada masa corona virus disease (Covid-19) dalam mewujudkan good governance di Desa Rarang Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip transparansi pada masa Covid-19 sudah baik sesuai dengan indikator transparansi yang dikemukakan oleh (Tundunaung et al,2018) dan Undang- Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa. Hal ini terlihat dalam penyelenggaraan pemerintahan desa pada masa Covid-19 baik dalam hal 1) penyediaan dan akses informasi yang jelas tentang perencanaan, prosedur pelaksanaan dan pertanggungjawaban, 2) adanya musyawarah yang melibatkan masyarakat, 3) keterbukaan proses pengelolaan, dan 4) keterbukaan informasi tentang dokumen pengelolaan dana desa sudah diterapkan dengan baik oleh Pemerintah Desa Rarang Kabupaten Lombok Timur. Faktor yang mempengaruhi penerapan prinsip transparansi pada masa Covid-19 dalam mewujudkan good governance di Desa Rarang yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung berupa fasilitas yang memadai, sumber daya manusia, anggaran dana yang tersedia, dan adanya regulasi dalam penyelenggaraan pemerintah. Faktor penghambat berupa partisipasi masyarakat dalam evaluasi, kebijakan pemerintah pusat yang berubah-ubah, opini public yang simpang siur tentang bahaya Covid-19, dan perangkat desa yang kurang disiplin.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pemerintah Desa, Good Governance, Transparansi, Corona Virus Disease (Covid-19).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Dec 2021 05:37
Last Modified: 02 Dec 2021 05:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26343

Actions (login required)

View Item View Item