PROBLEMATIKA GURU PPKN DALAM MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN INOVATIF (Studi di MA NW Aik Ampat Kelurahan Kelayu Jorong Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur)

Nasrun, Nasrun (2021) PROBLEMATIKA GURU PPKN DALAM MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN INOVATIF (Studi di MA NW Aik Ampat Kelurahan Kelayu Jorong Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_NASRUN_E1B017043.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (962kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) problematika guru PPKn dalam menerapkan metode pembelajaran inovatif di MA NW Aik Ampat kelurahan kelayu jorong kecamatan Selong dan (2) faktor penyebab terjadinya problematika guru PPKn dalam menerapkan metode pembelajaran inovatif di MA NW Aik Ampat kelurahan kelayu jorong kecamatan Selong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Adapun temuan dalam penelitian ini yaitu: pertama problematika yang dihadapi guru PPKn dalam menerapkan metode pembelajaran inovatif yaitu: (a) kurangnya media pembelajaran untuk menerapkan metode pembelajaran inovatif, (b) kemampuan siswa yang tidak sama rata, perbedaan daya serap oleh siswa membuat guru harus mengulang-ulang materi atau penjelasan terhadap sesuatu saat proses pembelajaran berlangsung, (c) guru kesulitan dalam mengelola waktu. Kedua faktor penyebab terjadinya problematika guru PPKn dalam menerapkan metode pembelajaran inovatif di MA NW Aik Ampat kelurahan kelayu jorong kecamatan Selong, yaitu: (1) faktor internal, yaitu: motivasi kerja guru yang tidak stabil (2) faktor ekternal, yaitu: kurangnya sarana dan prasarana di sekolah, sumber belajar sangat terbatas, dan kebijakan kepala sekolah untuk menerapkan metode pembelajaran inovatif masih kurang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: problematika guru, metode pembelajaran inovatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Dec 2021 05:36
Last Modified: 02 Dec 2021 05:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26344

Actions (login required)

View Item View Item