PENGGUNAAN TEPUNG DAUN LAMTORO DALAM PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN AYAM BROILER

Dandi, Martadinata (2021) PENGGUNAAN TEPUNG DAUN LAMTORO DALAM PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN AYAM BROILER. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DANDI MARTADINATA- BARU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kendala yang dihadapi oleh peternak ayam broiler adalah tingginya harga pakan yang dapat berimbas kepada rendahnya keuntungan yang didapatkan oleh pelaku usaha peternakan ayam broiler. Sebagai alternatif adalah menggunakan tepung daun lamtoro (Leucaena leucocephala). Tujuan dari penelian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung daun lamtoro terhadap pertambahan bobot badan ayam broiler. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan tiga perlakuan dan lima ulangan. Ada lima belas unit dan setiap unit terdiri dari lima ekor DOC dengan perlakuan pertama (P0) diberikan 100% pakan komersial, perlakuan kedua (P1) diberikan 95% pakan komersial + 5% tepung daun lamtoro dan pada perlakuan ketiga (P2) diberikan 90% pakan komersial + 10% tepung daun lamtoro. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan daun lamtoro samapai dengan level 10% tidak berpengaruh nyata pada konsumsi pakan dan pertambahan bobot badan juga tidak berbeda nyata namun ada kecendrungan bahwa pertambahan bobot badan pada P0 lebih rendah dari P1 maupun P2 (P=0.10). Sedangkan pada konversi pakan untuk P0 dengan P1 tidak berpengaruh nyata dan P1 dengan P2 tidak berpengaruh nyata tetapi berbeda nyata pada P0 dengan P2. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tepung daun lamtoro dalam pakan dapat diberikan sampai level 10%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Broiler, (Leucaena leucocephala), Konsumsi pakan, Pertambahan Bobot badan, Konversi pakan,
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Dec 2021 05:36
Last Modified: 02 Dec 2021 05:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26348

Actions (login required)

View Item View Item