KANDUNGAN HEMISELULOSA, SELULOSA DAN LIGNIN DEDAK PADI HASIL PENGGILINGAN KELILING (MOBILE) YANG DIFERMENTASI DENGAN EFFECTIVE MICROORGANISME-4 (EM4)

Erdin, Sandriawan (2021) KANDUNGAN HEMISELULOSA, SELULOSA DAN LIGNIN DEDAK PADI HASIL PENGGILINGAN KELILING (MOBILE) YANG DIFERMENTASI DENGAN EFFECTIVE MICROORGANISME-4 (EM4). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Kandungan Hemiselulosa Selulosa dan lignin Deak Padi EM4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fermentasi EM4 terhadap kandungan hemiselulosa, selulosa dan lignin dedak padi hasil penggilingan keliling (mobile), dilaksanakan di Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Mataram. Penelitian dilakukan pada bulan November 2020. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan pola Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah level EM4, T0 = 0% EM4 (Kontrol), T1 = 2% EM4, T2 = 4% EM4 dan T3 = 6% EM4. Variabel yang diamati adalah kadar hemiselulosa, selulosa dan lignin dedak padi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis keragaman dan dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan’s. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dedak padi dengan penambahan EM4 berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap penurunan kandungan hemiselulosa, selulosa dan lignin. Kandungan hemiselulosa, selulosa dan lignin dedak padi hasil penggilingan keliling (mobile) terendah diperoleh pada penambahan 6% Effective Microorganism-4 (EM4).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Dedak padi, EM4, Hemiselulosa, Selulosa, Lignin.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Dec 2021 05:36
Last Modified: 02 Dec 2021 05:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26349

Actions (login required)

View Item View Item