PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA (PEER TEACHING METHOD) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PESERTA DIDIK SD KELAS IV SDN 1 KAWO TAHUN AJARAN 2021/2022

Selvia, Putri Arsanti (2021) PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA (PEER TEACHING METHOD) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PESERTA DIDIK SD KELAS IV SDN 1 KAWO TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SELVIA PUTRI ARSANTI FIX BISSMILLAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Tutur Sebaya (Peer Teaching Method) Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Kelas IV Tahun Ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan rancangan penelitian Control Group Design. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel penelitian ini berjumlah 38 orang siswa. Pada kelas kontrol menggunakan metode konvensional dan pada kelas eksperimen menggunakan Tutor Sebaya (Peer Teaching Method). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes keterampilan menulis puisi dengan menggunakan rubrik dan lembar observasi. Data yang diperoleh diuji dengan menggunakan rumus uji-t yakni uji Polled Varians pada taraf segnifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen yaitu 61 dan rata-rata pretest kelas kontrol 55,1. Setelah dilakukan tindakan padakedua kelas, maka diperoleh rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu sebesar 74,4, dan kelas kontrol sebesar 62,7. Hasil thitunguji hipotesis kelas eksperimen dan kelas kontrol 0,015 sedangkan diperoleh ttabel dengan menggunakan rumus interpolasi sebesar -2,662. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil thitung ≥ ttabel pada taraf segnefikan 5%. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karna itu dapat disimpulkan penggunaan metode Tutor Sebaya (Peer Teaching Method) berpengaruh terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SDN 1 Kawo Tahun Ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Metode Tutor Sebaya (Peer Teaching Method), Keterampilan Menulis Puisi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Dec 2021 05:36
Last Modified: 02 Dec 2021 05:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26352

Actions (login required)

View Item View Item