KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK SISWA KELAS IX C SMPN 3 PEKAT TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

SUHARTI, SUHARTI (2021) KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK SISWA KELAS IX C SMPN 3 PEKAT TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SUHARTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (918kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas IX C SMPN 3 Pekat dalam menulis teks cerita pendek. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IX C SMPN 3 Pekat dalam menulis teks cerpen. Objek dalam penelitian ini cerpen siswa kelas IX C SMPN 3 Pekat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumen dan catat. Hasil penelitian mennunjukkan, (1) kemampuan menulis teks cerita pendek siswa kelas IX C SMPN 3 Pekat dari segi struktur berada pada kategori baik. Hal ini ditandai dengan nilai rata-rata menulis teks cerita pendek dari segi struktur, yaitu 77,4. Dalam hal ini, terdapat 2 orang siswa dengan kategori sangat baik, siswa dengan kategori baik sebanyak 5 orang siswa, 1 orang siswa dengan kategori cukup, dan 1 dengan kategori kurang. (2) kemampuan menulis teks cerita pendek siswa kelas IX C SMPN 3 Pekat dari segi ciri kebahasaan berada pada kategori baik. Hal ini ditandai dengan nilai rata-rata menulis teks cerita pendek dari segi ciri kebahasaan, yaitu 79,2. Dalam hal ini, terdapat 3 orang siswa dengan kategori sangat baik, siswa dengan kategori baik sebanyak 4 orang, dan siswa dengan kategori cukup sebanyak 2 orang siswa. Hal ini ditandai dengan nilai rata-rata 79,2 dalam menulis teks cerpen dari segi ciri kebahasaan. (3) nilai hasil kemampuan menulis teks cerita pendek siswa kelas IX C SMPN 3 Pekat yang dinilai berdasarkan struktur dan ciri kebahasaan berada pada kategori baik. Hal ini ditandai dengan nilai rata-rata menulis teks cerita pendek dari segi struktur dan ciri kebahasaan, yaitu 78,7. Dalam hal ini, terdapat 3 orang siswa dengan kategori sangat baik, dan dengan kategori baik sebanyak 4 orang siswa, dan yang mendapatkan nilai dengan kategori cukup sebanyak 2 orang siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kemampuan menulis teks, teks cerita pendek
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Dec 2021 05:35
Last Modified: 02 Dec 2021 05:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26358

Actions (login required)

View Item View Item