PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MUATAN MATERI PPKN KELAS IV SDN 26 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2021/2022

SITI, HADIJAH (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MUATAN MATERI PPKN KELAS IV SDN 26 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BISMILLAH SKRIPSIII SITI HADIJAH JADIII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen (Quasi Eksperimen) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match terhadap minat belajar peserta didik pada muatan materi PPKn kelas IV SDN 26 Cakranegara tahun ajaran 2021/2022. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent control group desain. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sensus atau sampling total. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN 26 Cakranegara, sedangkan sampelnya adalah seluruh kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas control. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan angket minat belajar peserta didik, angket digunakan untuk data minat belajar peserta didik yang sebelumnya sudah diuji validitas dan reliabilitas yang berupa pretest dan posttest. Kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji lanjutan dengan uji effect size. Berdasarkan data minat belajar yang dianalisis menggunakan uji-t (t- test) diperoleh thitung sebesar 2.957 sedangkan ttabel sebesar 1.990 pada taraf kepercayaan 5% (0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa (Ha) diterima dan (H0) ditolak. Uji lanjutan dalam penelitian ini menggunakan rumus effect size Cohen’s d dengan hasil0,781 > 0,6 yang berarti bahwa pengaruh model pembelajaran make a match terhadap minat belajar termasuk dalam kategori besar berdasarkan klasifikasi effect size.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Model Pembelajaran Make A Match dan Minat Belajar PPKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Dec 2021 03:03
Last Modified: 07 Dec 2021 03:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26366

Actions (login required)

View Item View Item