PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA

Siti, Ismi Destari (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SITI ISMI DESTARI (E1Q014043).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis multiple intelligences yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika peserta didik. Pada penelitian ini, perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa silabus, materi ajar, rencana pelaksanaan pemebalajaran, lembar kegiatan peserta didik, dan instrumen tes hasil belajar. Penelitian ini berupa penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembanagan prosedural yaitu model 4D (define, design, develop, and disseminate). Persentase rata-rata hasil validasi perangkat pembelajaran berupa silabus, materi ajar, rencana pelakasanaan pembelajaran, lembar kerja peserta didik, dan instrumen tes hasil belajar yaitu 86,00%, 83,00%, 81,00%, 80,05%, dan 82,50%. Kepraktisan perangkat pembelajaran dilihat dari persentase keterlaksanaan pembelajaran pada setiap pertemuan yaitu 79,60% dan 75,65%. Sedangkan respon peserta didik terhadap proses pembelajaran dan lembar kerja peserta didik mendapat persentase rata-rata 80,91% dan 77,68%. Untuk efektivtas perangkat pembelajaran dilihat dari peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik yang dihitung dengan persamaan N-Gain diperoleh hasil 0,63 dengan kategori sedang. Persentase rata-rata motivasi belajar peserta didik juga mengalami peningkatan dari 67,56% menjadi 75,17%. Berdasarkan hasil tersebut, maka perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, praktis dan efektif untuk digunakan dengan sedikit revisi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Multiple Intelligences, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Dec 2021 03:03
Last Modified: 07 Dec 2021 03:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26368

Actions (login required)

View Item View Item