DESIGN IMAGE TARGET DAN 3D MODELING PERANGKAT SEBAGAI PENDUKUNG MEDIA PEMBELAJARAN INTERNET OF THINGS BERBASIS AUGMENTED REALITY

Ragil, Galuh Pangita (2021) DESIGN IMAGE TARGET DAN 3D MODELING PERANGKAT SEBAGAI PENDUKUNG MEDIA PEMBELAJARAN INTERNET OF THINGS BERBASIS AUGMENTED REALITY. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR_RAGIL GALUH PANGITA_F1D015067.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan suatu faktor penting dalam suatu proses pembelajaran. Dengan menggunakan media pembelajaran yang benar maka seseorang dapat dengan mudah memahami apa yang sedang dipelajari. Saat ini augmented reality merupakan suatu teknologi yang sedang berkembang dalam berbagai bidang salah satunya adalah dalam bidang pendidikan. Augmented reality dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan sebagai pendukung media pembelajaran yang efektif dan interaktif karena augmented reality dapat menggabungkan benda 2D atau 3D ke dalam lingkungan nyata. Untuk mempelajari perangkat internet of things, saat ini mahasiswa hanya dapat mempelajari melalui buku atau melakukan praktik langsung. Padahal apabila terjadi kesalahan pada saat praktik dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat internet of things. Dengan memanfaatkan teknologi augmented reality maka dibuat sebuah pendukung media pembelajaran baru dengan menggabungkan objek- objek 3D dari perangkat internet of things ke dalam lingkungan nyata. Aplikasi pendukung media pembelajaran ini diuji dengan metode Blackbox dan Mean Opinion Score. Pengujian blackbox menunjukkan bahwa semua fungsi telah berjalan dengan semestinya sesuai dengan kebutuhan fungsional yang telah didefinisikan. Pengujian dengan menggunakan Mean Opinion Score menunjukkan bahwa rata-rata penilaian responden mahasiswa terhadap aplikasi dinyatakan sangat setuju sebanyak 60,3% dan setuju sebanyak 35,3%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Internet of things, IOT, Media Pembelajaran, Augmented Reality, AR
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Dec 2021 03:03
Last Modified: 07 Dec 2021 03:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26371

Actions (login required)

View Item View Item