Baiq, Islami Lara Santy (2021) PENGARUH MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN TAMPAR- AMPAR KECAMATAN PRAYA TENGAH TAHUN AJARAN 2021-2022. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
BISMILLAH SKRIPSI SANTI (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media boneka tangan terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Tampar-Ampar tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen jenis Quasi Experimental Design tipe Nonequivalent Kontrol Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tampar-Ampar berjumlah 44 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas 4A sebagai kelas kontrol dan 4B sebagai kelas ekperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah porposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes keterampilan berbicara siswa menggunakan rubrik penilaian (pretest-postest). Data dianalisis dengan bantuan SPSS versi 16. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 65,27 dan 71,27 sedangkan nilai postest kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 79,82 dan 73,64. Hasil uji hipotesis menggunakan perhitungan uji independent samplet-test dan menunjukkan nilai t-hitung lebih besar dibandingkan t-table pada taraf signifikan 5% dengan df= 42, sehingga ada pengaruh media boneka tangan terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Tampar-Ampar tahun Ajaran 2020/2021. Oleh karena itu disarankan untuk menggunakan media boneka tangan dalam dunia pendidikan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata Kunci: Media Bonek Tangan, Keterampilan Berbicara. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 07 Dec 2021 03:04 |
Last Modified: | 07 Dec 2021 03:04 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26372 |
Actions (login required)
View Item |