PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK

ANITA, KINTAN PRATIWI (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Anita Kintan Pratiwi (E1Q016005).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran fisika yang valid, efektif, dan efisien dengan menggunakan model inkuiri terbimbing pada materi momentum dan impuls untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan sikap ilmiah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D), dengan desain menggunakan model 4D. Prosedur penelitian yang dilakukan dalam mengacu pada langkah-langkah pengembangan model 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Perangkat yang dikembangkan pada penelitian ini terdiri dari silabus, RPP, LKPD, dan instrumen tes kemampuan literasi sains. Pengumpulan data dilakukan melalui validasi perangkat pembelajaran oleh validator, angket respon peserta didik, angket respon sikap ilmiah serta uji coba terbatas. Hasil validasi perangkat pembelajaran mencapai rata-rata nilai validitas 93,63% dengan kriteria sangat valid. Respon peserta didik memperoleh nilai > 100,00% dengan kriteria sangat baik,dan respon sikap ilmiah peserta didik memperoleh nilai > 81% dengan kriteria sangat baik. Reliabilitas perangkat pembelajaran menggunakan Percentage Agreement (PA). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan menunjukkan rata-rata keseluruhan nilai 94,34% berada pada kriteria reliabel dengan ditinjau dari ketercapaian indikator pembelajaran yang memiliki nilai PA lebih dari 75% menunjukkan keseluruhan aspek yang dinilai termasuk dalam kategori reliabel. Hasil perhitungan N-gain kemampuan literasi sains peserta didik yaitu 0,55 yang tergolong kriteria sedang. Hasil angket respon sikap ilmiah menunjukkan adanya peningkatan sikap ilmiah peserta didik dimana sebelum adanya pembelajaran hasil persentase respon positif sebanyak 86,00% dan setelah perlakuan meningkat menjadi 89,00%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keefektifan perangkat pembelajaran fisika model inkuiri terbimbing pada materi momentum dan impuls efektif dan efisien untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan sikap ilmiah peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pengembangan Perangkat pembelajaran, Inkuiri Terbimbing, Literasi Sains, Sikap Ilmiah, impuls dan momentum.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Dec 2021 03:04
Last Modified: 07 Dec 2021 03:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26374

Actions (login required)

View Item View Item