PERAN ORGANISASI PAYO TERHADAP REMAJA DALAM MENANAMKAN SIKAP PEDULI SOSIAL DI DESA LABUAPI KECAMATAN LABUAPI KABUPATEN LOMBOK BARAT

URWATIL, WUSQO (2021) PERAN ORGANISASI PAYO TERHADAP REMAJA DALAM MENANAMKAN SIKAP PEDULI SOSIAL DI DESA LABUAPI KECAMATAN LABUAPI KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI URWATIL WUSQO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Peran organisasi PAYO terhadap remaja di Desa Labuapi, 2) Penanaman sikap peduli sosial di Desa Labuapi, 3) Peran organisasi PAYO terhadap remaja dalam menanamkan sikap peduli sosial di Desa Labuapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah ketua, sekretaris, dan bendahara dari organisasi PAYO. sedangkan informan dalam penelitian ini adalah Tokoh Masyarakat Desa Labuapi, Penghulu Desa Labuapi, satu anggota lama organisasi PAYO, dan salah satu orang tua anak yatim. Informan dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling yaitu dengan menggunakan pertimbangan tertentu sehingga data dari informan tidak sembarangan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Organisasi PAYO mempunyai peran penting kepada remaja yang ada di Desa Labuapi dilihat dari program kerja pengembangan potensi yang dilaksanakan di Masjid Darussalam Desa Labuapi melalui kegiatan edukasi remaja secara rutin setiap bulan, (2) Penanaman sikap peduli sosial di Desa Labuapi dilakukan oleh beberapa organisasi yaitu Persatuan Bajang Labuapi, Remaja Masjid Labuapi, dan Peduli Anak Yatim Online, (3) Organisasi PAYO memiliki peran penting kepada remaja dalam menanamkan sikap peduli sosial di Desa Labuapi, dimana dapat dilihat dari proses pembiasaan yang dilakukan melalui kegiatan-kegiatan santunan secara terus menerus dan berulang-ulang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Organisasi PAYO, Remaja, Peduli Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Dec 2021 04:17
Last Modified: 13 Dec 2021 04:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/26405

Actions (login required)

View Item View Item